LAPORAN PRATIKUM
DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER
RAHMAT
ABDULLAH
016 002 012
POLITEKNIK BOSOWA
2016
1.
Tujuan
A. Mampu
mengetahui jenis-jenis bahasa pemrograman.
B. Memahami
struktur penulisan bahasa java.
C. Mengerti
perintah keluaran dijava.
D. Mengerti
cara membuat, meng-compile dan menjalankan sebuah program di java.
E. Mengetahui
perintah integer dan string.
2.
Teori
dasar
Java adalah sebuah bahasa
pemrograman berbasiskan Object Oriented Programming (OOP) yang sederhana dan tidak
tergantung pada platform Sistem Operasi. Java didesain sedemikian rupa sehingga
ukurannya kecil, sederhana, dan portable (dapat dipindah-pindahkan di antara
bermacam platform dan sistem operasi). Program yang dihasilkan dengan bahasa
Java dapat berupa applet (aplikasi kecil yang jalan di atas web browser) maupun
berupa aplikasi mandiri yang dijalankan dengan program Java Interpreter.
BahasaJava dikembangkan oleh Sun Microsystem Corp.
·
public static void main(String [] args)
public static void main adalah sebuah metod dengan nama main, yang
mana metod ini adalah metod utama untuk menjalankan sebuah program. Tanpa
adanya metod main, program tidak akan mengeluarkan hasil apa-apa.
·
System.out.println();
Ini adalah sebuah perintah untuk menampilkan sesuatu, baik berupa
angka, karakter, ataupun kalimat. Pada program di atas adalah program untuk
mencetak kalimat, yang di awali dengan tanda petik dua sebagai
pengapit huruf-huruf atau karakter yang akan dicetak.
3.
Alat dan bahan.
-
Komputer dengan cpu dan monitor
-
Keyboard dan mouse
-
Java NetBeans 8.0.1 atau versi
diatasnya
4.
Langkah-langkah
percobaan.
1. Pertama
kita buka dulu NetBeans IDE 8.0.1
2. Akan muncul tampilan seperti gambar
dibawah.
3. Kita pilih file, terus new project.
4. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah.
5. Kita pilih java application, lalu
klik next.
6. Pada kolom “project name” kita akan memberi nama aplikasinya,
misalnya “percobaan”
7. Lalu klik pada button “browser”,
untuk memilih dimana kita akan menyimpan program/project kita.
8. Lalu klik finish
9.
9. Gambar dibawah adalah tampilan awal
project kita.
1 10. Untuk membuat program “warna
resistor” kita bisa liat gambar dibawah.
Jika
anda kesulitan atau mengalami masalah mata atau gambar kita bisa melihat coding
dibawah.
Coding
dibawah langsung di timpa saja di bawah tulisan “// TODO code application logic here”
String A
=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan warna");
String B =JOptionPane.showInputDialog("Masukkan warna");
String C =JOptionPane.showInputDialog("Masukkan warna");
String D =JOptionPane.showInputDialog("Masukkan warna");
int hasil = 21;
int hasil1 = hasil*100;
int hasil2 = hasil1*5;
int hasil3 =hasil2/100;
String ket;
if("merah".equals(A)&&"coklat".equals(B)&&"merah".equals(C)&&"emas".equals(D))
{ket="5%";}
else
{
ket="Resistor tidak
dikenali";
}
JOptionPane.showMessageDialog(null,"hasil \n" +ket) ;
. 11. Jika sudah di pastekan silahkan
jalankan program dengan cara klik menu ruan atau tekan f6 pada keyboard
Jika program anda sudah
berjalan sesuai gambar yang dibawah maka program anda sudah berhasil.
1 12.
Untuk program “penentuan
bilangan terbesar” langkah-langkah hamper sama diatas, perbedaanya hanya
terletak di codingnya, coba lihat perhatikan gambar dibawah.
Jika
masih mengalami kesulitan pada pengelihatan, atau gambarnya memang buram,
silahkan anda coding dibawah
Scanner input = new Scanner( System.in);
int
num1,num2,num3,terbesar;
System.out.print("number 1 = ");num1=input.nextInt();
System.out.print("number 2 = ");num2=input.nextInt();
System.out.print("number 3 = ");num3=input.nextInt();
terbesar=(num1>num2)?num1:num2;
terbesar=(terbesar>num3)?terbesar:num3;
System.out.println("nilai tertingginya adalah
angka="+terbesar);
Sama seperti yang
sebelumnya, kita copykan coding di bawah tulisan “// TODO code application
logic here”
13.
Berbeda dengan sebelumnya
program yang di jalankan ini tidak tampil dengan jendela baru, tetapi berada
dibawah kotak kerja project kita atau pada bar output. Coba perhatikan gambar
dibawah.
Silahkan
anda coba program yang sudah anda buat.
14.
Jika
sudah tampil tulisan “BUILD SUCCESSFUL”,
maka selamat anda telah berhasil
membuat program menetukkan bilangan terbesar.
5.
Hasil
dan analisa.
Ø Program warna resistor
1.
Program warna resistor kita menggunakan class Joptionpane yai tu class yang
digunakan sebagai standar dialog box untuk antarmuka pengguna grafis (GUI)
untuk Memfasilitasi entri data dan output data, memberikan informasi
kepada pengguna aplikasi.
2.
Kita
juga menggunakan tipe data string. String yah itu tipe data yang untuk gabungan huruf, angka, whitespace (spasi), dan
berbagai karakter. Fungsi ini digunakan untuk membuat identifier String/teks. Seperti dibwaah:
·
String A =JOptionPane.showInputDialog("Masukkan
warna");
·
String B
=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan warna");
·
String C
=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan warna");
·
String D =JOptionPane.showInputDialog("Masukkan
warna");
Ada juga tipe data int
(Integer) adalah tipe data untuk angka numerik yang tidak menggunakan koma, untuk tipe data 32 bit.
Contoh penggunaan tipe data integer:
int hasil = 21;
int hasil1 = hasil*100;
int hasil2 = hasil1*5;
int hasil3 =hasil2/100;
Ø Program bilangan terbesar.
Pada program ini kita akan melakukan sorting. Sorting adalah proses menyusun elemen – elemen dengan tata urut tertentu
dan proses tersebut terimplementasi dalam bermacam aplikasi. Kita ambil contoh
pada aplikasi perbankan. Aplikasi tersebut mampu menampilkan daftar account
yang aktif.
Jenis-jenis sorting :
a.
Bubble
short
b.
Selection
short
c.
Insertion
short
d.
Dan
lain-lain
·
Untuk program bilangan terbesar ini kita menggunakan class scanner.
Scanner merupakan
perintah untuk membuat objek atau menginisialisasi object yang diinginkan
pengguna atau yang diinputkan pengguna. Dan menggunakkan tipe data baru berikut
tipe-tipe data yang saya gunakan dan contohnya dalam program :
·
import java.util.Scanner;
Ini untuk memasukan fungsi Scanner pada program.
Ini untuk memasukan fungsi Scanner pada program.
·
Scanner data = new Scanner (System.in);
package javaapplication18;
import
java.util.Scanner;
Ini
membangun/membuat sebuah Scanner baru yang menghasilkan nilai-nilai yang
dipindai dari file yang ditentukan. Data adalah nama scanner yang
akan di buat , kita bisa merubah sesuai dengan data yang akan kita buat , yang
terpenting adalah tidak membuat eror atau anda kebingungan.
·
A = data.nextInt();
Berfungsi untuk
penginputan data yang akan di buat dari kita, A adalah nama variabel . Syntax
tersebut berfungsi pada tipe data integer , contohnya pada tipe data double
maka gunakan A = input.nextDouble(); .
System.out.print("number 1 =
");num1=input.nextInt();
System.out.print("number 2 = ");num2=input.nextInt();
System.out.print("number 3 = ");num3=input.nextInt();
6.
Kesimpulan
Sorting adalah proses menyusun elemen – elemen dengan tata urut tertentu
dan proses tersebut terimplementasi dalam bermacam aplikasi. Kita ambil contoh
pada aplikasi perbankan. Aplikasi tersebut mampu menampilkan daftar account
yang aktif.
Jenis-jenis
sorting :
Ø
Bubble short
Ø
Selection
short
Ø
Insertion
short
Ø
Dan lain-lain
-
Scanner merupakan perintah untuk membuat objek atau
menginisialisasi object yang diinginkan pengguna atau yang diinputkan pengguna.
-
String
adalah tipe data yang untuk
gabungan huruf, angka, whitespace (spasi), dan berbagai karakter. Fungsi ini
digunakan untuk membuat identifier String/teks.
-
int
(Integer) adalah tipe data untuk angka numerik yang tida menggunakan
koma, untuk tipe data 32 bit.
-
A = input.nextDouble(); Berfungsi
untuk penginputan data yang akan di buat dari kita, A adalah nama variabel .
Syntax tersebut berfungsi pada tipe data integer , contohnya pada tipe data double
maka gunakan A = input.nextDouble();
0 komentar:
Posting Komentar